PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
KELAS
RANGKAP
MODEL
221
Identitas Mata
Pelajaran
Mata
pelajaran / Topik : IPA kelas 5
/ penyesuaian diri hewan
: Bahasa Indonesia kelas 4 / simbol /lambang
Kelas
/ Semester : 4 dan 5 / 1
Alokasi
waktu : 1 x 20
menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
1.
IPA
kelas 5
Mengidentifikasi cara mahluk hidup
menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
2.
Bahasa
Indonesia. Kelas 4
Mendengarkan : Mendengarkan penjelasan
tentang simbol daerah / lambang korps.
II.
KOMPETENSI
DASAR
1.
IPA
kelas 5
Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan
dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
2.
Bahasa
Indonesia. Kelas 4
Menjelaskan secara lisan atau tertulis
penjelasan tentang simbol daerah / lambang korps
III.
INDIKATOR
1.
IPA
kelas 5
a. Menyebutkan
ciri khusus hewan sebagai bentuk penyesuaian diri hewan dengan lingkungan
tertentu untuk mempertahankan hidupnya.
b. Menjelaskan
fungsi ciri khusus pada hewan sebagai bukti penyesuaian diri terhadap
lingkungannya.
2.
Bahasa
Indonesia. Kelas 4
a. Siswa
dapat mendengarkan penjelasan tentang lambang pramuka.
b. Siswa
dapat mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang pramuka.
c. Siswa
dapat menjelaskan secara lisan arti lambang pramuka.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. IPA kelas 5
·
Melalui pengamatan terhadap gambar
berbagi jenis hewan diharapkan peserta didik dapat menyebutkan ciri khusus
berbagai hewan sebagai bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungannya.
·
Melalui diskusi peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan fungsi ciri pada hewan sebagai bukti penyesuaian diri terhaap
lingkungan
2. Bahasa
Indonesia kelas 4
·
Melalui pengamatan peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang
arti lambang pramuka
·
Melaui diskusi diharapkan peserta didik
dapat mencacat pokok –pokok penjelasan tentang
lambang pramuka.
·
Melalui tanya jawab peserta diharapkan
dapat menyebutkan secara lisan arti lambang pramuka.
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
IPA
Kelas 5
§ Untuk
mempertahankan hidupnya mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
§ Adaptasi
adalah kemampuan mahluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya
§ Lingkungan
tempat hidup mahluk hidup disebut habitat.
§ Cara
hewan beradaptasi untuk melindungi dari musuhnya diantaranya
Dengan mengubah warna tubuhnya
misalnya bunglon
Dengan mengeluarkan bisa misalnya ular
dan kalajengking.
Dengan zat beracun misalnya cumi-cumi.
§ Cara
hewan beradaptasi dengan lingkungannya diantaranya :
Memiliki kantong air misalnya unta
Memiliki kaki berselaput misalnya bebek
Memiliki kantong udara misalnya burung
2.
Bahasa
Indonesia kelas 4
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanyajawab
Diskusi
Pengamatan
VII.
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
1. Religius
2. Kerjasama
3. Disiplin
4. Peduli
lingkungan
5. komunikatif
6. Rasa
ingin tahu
VIII.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
1.
IPA
kelas 5
Media : gambar bermacam – macam hewan yang memiliki
ciri khusus
Alat : papan tulis dan perlengkapannya
Sumber : buku pelajaran IPA SD kelas 5 penerbit Erlangga
dan BSE.
2.
Bahasa
Indonesia kelas 4
Media : gambar pohon kelapa dan tunas kelapa
Alat : papan tulis dan perlengkapannya
Sumber : buku paket Bahasa Indonesia kelas 4 penerbit Erlangga
IX.
LANGKAH-
LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Langkah
Pendahuluan.( 3 menit )
·
Mengkondisikan siswa dalam siatuasi
belajar.
·
Memberikan motivasi belajar
·
Melaksanakan pembiasaan : berdoa,
absensi.
·
Menyampaikan tujuan dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Menyampaikan apersepsi.
2. Kegiatan
inti pembelajaran. ( 12 menit )
a. Kegiatan
eksplorasi
·
Siswa kelas 5 mengamati gambar beberapa hewan yang di perlihatkan guru di
papan tulis, sementara kelas 4 mengamati gambar lambang pramuka tunas kelapa
dan gambar pohon kelapa.
·
Siswa kelas 5 dan 4 memberikan pendapat
dan kometar tentang gambar yang dilihatnya.
·
Siswa bertanya jawab tentang hasil
pengamatan dari media gambar.
·
Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok
setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang.
b. Kegiatan
elaborasi
·
Siswa kelas 4 mencatat hal-hal penting
penjelasan guru tentang arti lambang pramuka. Sebagai cara untuk mempermudah
guru memberikan langkah –lngkah pengerjaan dalam lembar kerja siswa.
·
Sementara siswa kelas 5 mendiskusikan
tentang ciri-ciri khusus hewan yang ada pada media yang diamati. Siswa
mendiskusikan tentang ciri-ciri khusus pada bebek, ikan, unta, cumi-cumi, ular
dan lain-lain.
·
Guru membantu siswa yang kesulitan meyelasaikan
latihan lembar kerja dan memantau sambil sekali-kali membantu kelompok yang merasa kesulitan.
c. Kegiatan
konfirmasi
·
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
hal-hal yang belum diketahui.
·
Siswa membacakan hasil diskusi di depan
kelas sedangkan guru meluruskan kesalahpahaman dan memberikan penguatan dan
menyimpulkan materi pembelajaran.
3.
Kegiatan akhir ( 4 menit )
·
Siswa dibimbing untuk menyimpulkan
materi yang telah dipelajari pada pertemuan ini.
·
Memberikan evaluasi dan umpan balik
·
Sebagai tindak lanjut memberika tugas
pekerjaan rumah ( PR).
X.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
a. Prosedur
penilaian : penilaian proses
: penilaian akhir
b. Jenis
dan bentuk penilaian : lisan
:
tulisan berbentuk isian
:
tes kinerja
c. Alat
penilaian : Lembar Kerja Siswa
:
Lembar soal terlampir.
d. Instrumen
v Soal evaluasi IPA Kelas 5 :
Jawablah pertannyaan di bawah ini
dengan benar !
1.
Lingkungan tempat hidup mahluk hidup
disebut.........
2.
Burung merpati merupakan hewan
pemakan........
3.
Cecak melindungi diri dengan cara..........
4.
Hewan yang melindungi diri dengan cara
menyemburkan zat sejenis tinta adalah.....
5.
Bebek menyesuaikan diri dengan
cara...........
v Soal Bahasa Indonesia kelas 4
Jawablah
pertannyaan di bawah ini dengan benar !
1.
Tuliskan penjelasan tentang lambang
pramuka secara terprinci !
2.
Jelaskan secara lisan arti lambang
pramuka !
Kunci
jawaban IPA kelas 5
1. Habitat
2. Biji-bijian
3. Memutuskan
ekornya
4. Cumi-cumi
5. Memiliki
selaput pada jari kaki
Kunci jawaban Bahasa
Indonesia kelas 4
No.
|
Unsur penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
2.
3.
4.
|
Ketelitian
siswa membuat konsep penjelasan.
Keberanian
siswa menjelaskan arti lambang pramuka.
Gaya
penyampaian di depan kelas.
Kejelasan
makna lambang pramuka yang disampaikannya.
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN.
No.
|
Nama siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
pengetahuan
|
praktek
|
sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
Penskoran
Skor
nilai =
jumlah skor : jumlah skor
maksimal x 100
===========================================
Catatan
: untuk siswa yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka
diadakan remidial
Lampiran 1
Lembar kerja siswa
1. Amatilah
gambar hewan- hewan di bawah ini !
2. Jelaskan
ciri-ciri khusus hewan-hewan tersebut !
.............................................................................................................................
Lampiran 2
Lembar kerja siswa
1. Amatilah
gambar di bawah ini !
2. Jelaskan
secara terperinci tentang lambang pramuka di bawah ini.
3. Apa
nama pohon yang berasal dari tunas tersebut dan jelaskan manfaat yang diperoleh
dari pohon itu !
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
..............................................................................................................................
semoga erlangga tetap jaya
BalasHapusterima kasih atas RPP PKR nya buat acuan saya dalam menyelesaiakan tugas kuliah, sukses dan menjadi berkah ilmunya
BalasHapustes
BalasHapusTerima kasih pak dadang ya.....
BalasHapusTrm kah.
BalasHapusTerimakasih RPPnya semoga Allah membalas kebaikan anda dengan kebaikan yang banyak
BalasHapusTerima kasih contoh RPPnya yach ?
BalasHapusTerimakasih contoh RPPnya, sangat bermanfaat.
BalasHapus